Senin, 04 November 2013

Knowledge Management

Silabus 8
Knowledge Management
Pengertian Knowledge Management menurut ahli:
·         “knowledge is the potential for action based upon data, information, insights, intuition and experience”. Yang artinya pengetahuan adalah potensi untuk tindakan yang berdasar pada data, informasi, wawasan, intuisi dan pengalaman. (Dr. Yogesh Malhotra (2003))
·         “ ...management of organizational knowledge for creating business value and generating a competitive advantage.” Knowledge Management memberikan kemampuan untuk mencipta, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan yang diperlukan dan berguna bagi pencapaian semua jenis tujuan bisnis. Tiwana juga menjelaskan “Knowledge management is the ability to create and retain greater value from core business competencies." Knowledge Management menyelesaikan masalah bisnis partikular mencakup penciptaan dan penyebaran barang atau jasa inovatif, mengelola dan memperbaiki hubungan dengan para pelanggan, mitra dan pemasok, juga mengadministrasi serta meningkatkan praktek dan proses kerja. (Tiwana (1999))
·         knowledge adalah keseluruhan bagian dari pengetahuan yang ada dan keterampilan individu yang digunakan untuk memecahkan masalah. Knowledge tersebut terbagi dalam teori dan praktek yang pada umumnya berupa aturan dan petunjuk untuk mengambil keputusan. Knowledge bergantung pada data dan informasi yang dimiliki oleh suatu personal yang merefleksikan tentang suatu pendapat. (Probst (2001))
·         knowledge management berfungsi meningkatkan kemampuan organisasi untuk belajar dari lingkungannya dan menggabungkan pengetahuan ke dalam proses bisnis. Knowledge Management adalah serangkaian proses yang dikembangkan dalam suatu organisasi untuk menciptakan, mengumpulkan, memelihara dan mendiseminasikan pengetahuan organisasi tersebut. (Laudon (2002))
·         Knowledge management adalah suatu disiplin yang memperlakukan modal intelektual sebagai aset yang dikelola. Sistem knowledge management memberikan informasi yang tepat kepada orang yang tepat pada saat yang tepat. Knowledge management mengubah pengalaman dan informasi menjadi hasil. (Honeycutt (2000))
·         mendefinisikan knowledge management sebagai suatu aktivitas bisnis yang mempunyai dua aspek penting, yaitu: 
1. Memperlakukan komponen pengetahuan dalam aktivitas-aktivitas bisnis yang direfleksikan dalam strategi, kebijakan, dan berbagai praktek perusahaan secara keseluruhan.
2. Membuat suatu hubungan langsung antara aset intelektual perusahaan baik yang explicit maupun tacit untuk mencapai tujuan perusahaan. (Barclay dan Murray (2002))

Jenis Penerapan Knowledge Management 
     Perbedaan yang paling signifikan di antara jenis knowledge adalah tacit versus explicit (Nonaka dan Takeuchi, 1995). Di dalam organisasi explicit knowledge tidak menjadi masalah karena mudah didokumentasikan, diarsipkan, dan diberi kode. Di lain pihak, tacit knowledge merupakan suatu tantangan tersendiri karena pengetahuan sering kali dirasakan sangat berharga untuk dibagikan dan digunakan dengan cara yang tepat. Pemahaman akan perbedaan kedua jenis knowledge ini sangatlah penting, dan yang perlu diperhatikan juga adalah aplikasinya dengan cara yang berbeda untuk memindahkan jenis knowledge yang berbeda.
1. Tacit Knowledge
Pada dasarnya tacit knowledge bersifat personal, dikembangkan melalui pengalaman yang sulit untuk diformulasikan dan dikomunikasikan (Carrillo et al.,2004). Tacit knowledge tidak dinyatakan dalam bentuk tulisan, melainkan sesuatu yang terdapat dalam benak orang-orang yang bekerja di dalam suatu organisasi.
Menurut Polanyi (1966) tacit knowledge secara umum dijabarkan sebagai:
1.Pemahaman dan aplikasi pikiran bawah sadar
2. Susah untuk diucapkan
3. Berkembang dari kejadian langsung dan pengalaman
4. Berbagi pengetahuan melalui percakapan (story-telling)
Berdasarkan pengertiannya, maka tacit knowledge dikategorikan sebagai personal knowledge atau dengan kata lain pengetahuan yang diperoleh dari individu (perorangan).

1.1. Personal Knowledge
Menurut Berkeley (1957, p. 23) pengetahuan manusia bermula pada saat orang mendapatkan ide dimana kesan tersebut muncul dari perasaan dan sistem kerja pikiran atau dengan kata lain ide dibentuk dengan bantuan dari memori dan imajinasi yang menambah, membagi, mengungkapkan perasaan sebenarnya.
Selanjutnya menurut Bahm (1995, p. 199) penelitian pada sifat dasar pengetahuan seketika mempertemukan perbedaan antara knower dan known, atau seringkali diartikan dalam istilah subject dan object, atau ingredient subjective dan objective dalam pengalaman. Pengalaman yang diperoleh tiap karyawan tentunya berbeda-beda berdasarkan situasi dan kondisi yang tidak dapat diprediksi. Definisi experience yang diambil dari kamus bahasa Inggris adalah the process of gaining knowledge or skill over a period of time through seeing and doing things rather than through studying. Yang artinya proses memperoleh pengetahuan atau kemampuan selama periode tertentu dengan melihat dan melakukan hal-hal daripada dengan belajar.
Davenport dan Prusak dalam Martin (2010, p. 2) mendefinisikan personal knowledge is a fluid mix of framed experience, values, contextual information and expert insight that provides a framework for evaluating and incorporating new experiences and information.” Secara garis besar, berarti gabungan dari pengalaman, nilai – nilai, informasi kontekstual, dan wawasan luas yang menyediakan sebuah kerangka pengetahuan untuk mengevaluasi dan menggabungkan pengalaman – pengalaman dan
informasi yang baru.
Menurut Martin (2010), personal knowledge didapat dari instruksi formal dan informal. Personal knowledge juga termasuk ingatan, story-telling, hubungan pribadi, buku yang telah dibaca atau ditulis, catatan, dokumen, foto, intuisi, pengalaman, dan segala sesuatu yang dipelajari, mulai dari pekarangan hingga pengembangan nuklir.

2. Explicit Knowledge
Explicit knowledge bersifat formal dan sistematis yang mudah untuk dikomunikasikan dan dibagi (Carrillo et al., 2004). Menurut pernyataan Polanyi (1966) pada saat tacit knowledge dapat dikontrol dalam benak seseorang, explicit knowledge justru harus bergantung pada pemahaman dan aplikasi secara tacit, maka dari itu semua pengetahuan berakar dari tacit knowledge. Secara umum explicit knowledge dapat dijabarkan sebagai:
1. Dapat diucapkan secara tepat dan resmi
2. Mudah disusun, didokumentasikan, dipindahkan, dibagi, dan dikomunikasikan
Penerapan explicit knowledge ini lebih mudah karena pengetahuan yang diperoleh dalam bentuk tulisan atau pernyataan yang didokumentasikan, sehingga setiap karyawan dapat mempelajarinya secara independent.


2.1 Job Procedure

   Secara terpisah pengertian job adalah a responsibility, duty or function, dan procedure adalah a formal or official order or way of doing things. Jadi pengertian job procedure atau prosedur kerja adalah tanggung jawab atau tugas yang bersifat formal atau perintah resmi atau cara melakukan hal-hal. Berdasarkan pernyataan Anshori selaku pihak yang mencetuskan knowledge management, salah satu bentuk konkret dari explicit knowledge adalah Standard Operation Procedure.
Standard Operation Procedure atau prosedur pelaksanaan dasar dibuat untuk mempertahankan kualitas dan hasil kerja. Dengan menggunakan Standard Operation Procedure maka tugas-tugas akan semakin mudah dikerjakan, juga tamu akan terbiasa dengan sistem pelayanan yang ada. Disamping itu Standard Operation Procedure diciptakan agar para tamu merasa nyaman dalam mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan. Standard Operation Procedure sendiri dalam pelaksanaannya sangat fleksibel karyawan dapat memberikan masukan berdasarkan pengetahuan yang didapat.
Lebih lanjut menurut Sulastiyono (2001, p. 244) Standard adalah sebagai langkah awal untuk mendapatkan derajat kesesuaian suatu produk, dibandingkan dengan harapan-harapan tamu. Oleh sebab itu, agar suatu jenis pekerjaan dapat menghasilkan produk yang standard dari waktu ke waktu, maka cara-cara mengerjakan untuk menghasilkan produk tersebut juga harus dilakukan dengan cara-cara yang standard pula. Yang dimaksudkan dengan produk yang standard adalah:
1. Memiliki derajat kesesuaian untuk pemakai.
2. Setiap jenis produk yang dihasilkan untuk digunakan, secara konsisten memiliki spesifikasi yang sama.

Keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh dengan adanya atau digunakannya Standard Operation Procedure adalah:
1. Mempunyai nilai sebagai alat atau saluran komunikasi bagi manajemen dengan para staf dan para pelaksananya. Melalui Standard Operation Procedure, seluruh staf dan karyawan akan mengetahui secara jelas, berusaha untuk memahami tentang tujuan dan sasaran, serta kebijakan dan prosedur kerja perusahaan. Dengan demikian setiap orang dalam organisasi akan menerima pesan yang jelas dari Standard Operation Procedure tersebut.
2. Standard Operation Procedure juga dapat digunakan sebagai alat atau acuan untuk melaksanakan pelatihan baik bagi para staf dan karyawan, serta bagi karyawan baru.
3. Standard Operation Procedure dapat mengurangi waktu yang terbuang, dengan demikian diharapkan akan meningkatkan produktivitas kerja baik bagi manajemen ataupun bagi para staf dan karyawan. Apabila tidak tersedia manual pekerjaan, maka bila terjadi sesuatu kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaan harus dicari dahulu jalan pemecahannya, atau didiskusikan dahulu dengan rekan sekerja dan atasannya, dan ini berarti membuang waktu. Lain halnya bila cara penyelesaiannya sudah tersedia secara tertulis, maka akan lebih cepat pelaksanaanya dan waktu lebih banyak dihemat, serta dapat lebih dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain.
4. Dengan dibantu oleh pengawasan yang dilaksanakan dalam proses pekerjaan, maka Standard Operation Procedure dapat dilaksanakan secara lebih konsisten, dan menjamin terciptanya produk yang standar, sekalipun dikerjakan oleh orang-orang yang berbeda dan waktu pelaksanaan yang tidak bersamaan.

2.2 Technology
Teknologi merupakan salah satu elemen pokok yang terdapat pada knowledge management, dikenal sebagai media yang mempermudah penyebaran explicit knowledge. Berdasarkan pernyataan Gillingham dan Roberts (2006) awal mulanya knowledge management digerakkan oleh teknologi, khususnya explicit knowledge yang lebih mudah disusun. Menurut Marwick (2001) teknologi bukanlah hal baru dalam knowledge management, dan pengalaman yang telah dibentuk oleh para ahli sebelumnya menjadi bahan pertimbangan terbentuknya teknologi itu sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu teknologi yang mendukung knowledge management akan selalu berkembang dalam bentuk sistem-sistem yang mempermudah proses penyebaran knowledge. Salah satu teknologi paling mutakhir yang saat ini digunakan oleh banyak perusahaan untukproses penyebaran knowledge adalah intranet, dimana hal ini didasarkan pada kebutuhan untuk mengakses knowledge dan melakukan kolaborasi, komunikasi serta sharing knowledge secara ”on line”. Intranet merupakan salah satu bentuk teknologi yang diterapkan di Surabaya Plaza Hotel. Intranet atau yang disebut juga internal internet menawarkan kesempatan untuk menggunakan telekomunikasi yang maju yang telah dikembangkan dari internet. Menurut pendapat Merali peralatan seperti intranet dan internet dianggap sebagai sistem knowledge management yang utama untuk menjalankan dan mendukung forum diskusi dan praktek (1999). Intranet bukan merupakan jaringan tunggal juga bukan merupakan perangkat yang menghubungkan jaringan-jaringan seperti internet. Nama intranet digunakan sebagai perwujudan dimana standar dan alat- alat dikembangkan dalam internet digunakan untuk menyimpan dan mengirim data perusahaan kepada pengguna dalam jaringan internal 

Elemen Pokok Knowledge
1. People
Yang berarti Knowledge Management berasal dari orang. People merupakan bentuk dasar untuk membentuk knowledge baru. Tanpa ada orang tidak akan ada knowledge.
2. Technology
Merupakan infrastruktur teknologi yang standar, konsisten, dan dapat diandalkan dalam mendukung alat-alat perusahaan.
3. Processes
Yang terdiri dari menangkap, menyaring, mengesyahkan, mentransformasikan, dan menyebarkan knowledge ke seluruh perusahaan dilengkapi dengan menjalankan prosedur dan proses tertentu.
 Proses Utama Dalam Knowledge Management
Menurut Probst et.al (2000, p34)Knowledge Management  memiliki delapan unsur proses inti yaitu:
* Knowledge Identification (Identifikasi Pengetahuan)
Mengidentifikasi pengetahuan eksternal berarti menggunakan dan mengggambarkan lingkungan pengetahuan perusahaan. Kebanyakan perusahaan sekarang kesulitan dan memelihara gambaran umum data, informasi dan keahlian internal dan eksternal. Kekurangan dalam transparansi ini mengarah pada ketidak efisiensi keputusan yang tidak dikabarkan dan duplikasi.
* Knowledge Acquisition (Memperoleh/Mendapatkan Pengetahuan)
Perusahaan memasukkan perolehan pengetahuan dengan mendatangkan bagian penting dari pengetahuan mereka dari sumber luar. Hubungan dengan pelanggan, pemasok, dan mitra kerja dalam usaha kerja, sama memiliki potensi untuk menyediakan pengetahuan (suatu potensi yang jarang dimanfaatkan secara penuh), Perusahaan juga bisa membeli pengetahuan yang tidak dapat dikembangkan mereka sendiri dengan merekrut ahli atau mendapatkan perusahaan inovatif khusus lainnya. Knowledge Managemnt yang sistematis harus memperhitungkan semua kemungkinan.
* Knowledge Development (Pengembangan Pengetahuan)
Sebuah building blocks yang mana melengkapi knowledge acquisition. Berfokus pada menghasilkan keahlian baru, produk baru, ide yang lebih bagus dan proses yang lebih efisien. Knowledge development meliputi semua usaha manajemen dan ditujukan pada kemampuan memproduksi yang belum ada pada organisasi sekarang, atau yang belum ada di dalam maupun diluarnya. Secara tradisional, Knowledge Developement berlabuh dalam penelitian pasar perusahaan dan di dalam penelitian dan departemen pengembangan. Pengetahuan yang penting dapat juga timbul dari bagian lain dari organisasi. Di dalam building block,  pengujian cara umum perusahaan dari urusan dengan ide baru, dan memanfaatkan kreatifitas dari karyawan. Ketika mempertimbangkan dari sudut pandangKnowledge Management, bahkan aktivitas dimana sebelumnya dianggap sederhana seperti proses produksi dapat dianalisa dan dioptimisasi sehingga menghasilkan knowledge.
* Knowledge Sharing and Distribution (Berbagi dan pendistribusian pengetahuan)
Sharing dan distribusi knowledge dalam suatu organisasi adalah kondisi awal yang penting unutk mengubah informasi atau pengalaman yang terisolasi / terasingkan menjadi sesuatu yang dapat keseluruhan perusahaan gunakan. Pertanyaan kunci diantaranya :
  1. Siapa yang harus tahu seberapa banyak tentang apa, atau dapat melakukan apa dan pada tingkatan apa?
  2. Bagaimana memfasilitaskan sharing dan distribusi knowledge?
Langkah paling penting adalah untuk menganalisa perubahan knowledge dari individu ke kelompok atau organisasi. Pendistribusian knowledge adalah proses sharing dan menyebarkan knowledge yang sudah ada dalam perusahaan.
* Knowledge Utilization (Penggunaan Pengetahuan)
Keseluruhan poin dari Knowledge Management adalah untuk memastikan bahwa pengetahuan yang ada dalam organisasi diterapkan secara produktif untuk keuntungan dari organisasi. Identifikasi dan distribusi yang sukses dari pengetahuan yang penting tidak menjamin bahwa akan dimanfaatkan dalam aktifitas-aktifitas sehari-hari perusahaan. Terdapat beberapa hambatan yang menghambat kegunaan dari pengetahuan ”luar”. Maka dari itu, langkah yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa keahlian berharga dan aset knowledge (seperti hak paten dan lisensi) dimanfaatkan secara keseluruhan.
* Knowledge Retention (Pemeliharaan  / Penyimpanan Pengetahuan)
Kemampuan pada saat diperlukan tidak secara otomatis tersedia setiap saat. Pemeliharaan yang selektif terhadap informasi, dokumen dan pengalaman memerlukan manajemen. Organisasi umumnya mengeluh peng-organisasian ulang telah menghabiskan sebagian dari  ingatan mereka. Proses untuk seleksi, menyimpan dan secara rutin meng-update pengetahuan dari nilai yang berpotensi di masa depan, harus terstruktur dengan hati-hati. Apabila ini belum selesai, keahlian yang berharga mungkin akan dibuang. Pemeliharaan pengetahuan bergantung pada penggunaan yang efisien dari media penyimpanan organisasi yang berlingkup luas.
* Knowledge Goal (Tujuan Pengetahuan)
Knowledge Goal menjelaskan bagaimana mengarahkan pembelajaran, mengarahkan Knowledge Management, membangun keahlian yang perlu dikembangkan dan pada level mana.
a)      Normative Knowledge Goal, ditujukan untuk menciptakan budaya perusahaan yang knowledge-aware (menyadari pengetahuan) dimana keahlian individu di-share (dibagikan) dan dikembangkan.
b)      Strategy Knowledge Goal, mendefinisikan pengetahuan inti dari organisasi dan menspesifikasi keahlian / ilmu yang akan digunakan di masa depan.
c)      Operational Knowledge Goal, berhubungan dengan implementasi dari KM, mengubah goal normative dan strategic menjadi sasaran nyata.
Ini seharusnya mencegah KM berhenti pada staff atau tingkatan strategis dan juga seharusnya mencegah situasi dimana pengetahuan dikorbankan untuk operasi bisnis.
* Knowledge Assessment (Penilaian Pengetahuan)
Penilaian pengetahuan membutuhkan metode-metode untuk mengukur normativestrategic, danoperational knowledge. Cara knowledge goal dibentuk menentukan cara mereka dinilai. Kualitas dari tujuan menjadi jelas pada tahap penilaian. Tidak seperti manajer keuangan, manajer pengetahuan tidak dapat mundur dalam sebuah pembangunan kumpulan indeks dan prosedur pengukuran. KM memerlukan sumber sehingga harus ditunjukkan secara efektif. Proses pemantauan sangat penting untuk keefektifan penyesuaian KM jangka panjang.

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar